Pemerintah India
Dari Wikipedia, ensiklopedia bebas
Artikel ini adalah bagian dari seri: Politik dan Pemerintah India |
Negara lain · Portal Politik Pemerintah India Portal |
Pemerintah terdiri dari tiga cabang: eksekutif, legislatif dan yudikatif. Cabang eksekutif dipimpin oleh Presiden , yang adalah Kepala Negara dan latihan nya atau kekuasaan secara langsung atau melalui petugas bawahan kepadanya. Cabang Legislatif atau Parlemen terdiri dari majelis rendah, Lok Sabha , dan atas rumah, Rajya Sabha , serta presiden. Para Cabang Yudisial memiliki Mahkamah Agung pada puncaknya, 21 Pengadilan Tinggi , dan pengadilan perdata, pidana dan keluarga banyak di tingkat kabupaten.
Hukum perdata dan pidana dasar yang mengatur warga negara India yang ditetapkan dalam undang-undang parlemen besar, seperti Hukum Acara Perdata, dengan KUHP India , dan KUHAP. Serikat pekerja dan pemerintah negara masing-masing terdiri dari cabang eksekutif, legislatif dan yudikatif. Sistem hukum yang berlaku kepada pemerintah negara federal dan individu berdasarkan Bersama Inggris dan Hukum Hukum . India menerima Mahkamah Internasional beberapa yurisdiksi dengan reservasi. Dengan amandemen ke-73 dan 74 konstitusi, yang Panchayat Raj telah dilembagakan sistem pemerintahan lokal.
Parlemen pemerintah
India memiliki sistem parlementer pemerintahan sebagian besar didasarkan pada bahwa dari Britania Raya ( Westminster sistem ). Namun, ulama terkemuka termasuk Dr Rajendra Prasad Presiden pertama telah mengangkat pertanyaan "seberapa jauh kita berhak untuk memanggil dan memasukkan ke dalam Konstitusi kita ditulis oleh konvensi penafsiran Konstitusi Inggris".Legislatif adalah Parlemen . Ini adalah bikameral , terdiri dari dua rumah : yang langsung dipilih 552 anggota Lok Sabha ("Rumah Rakyat"), para majelis rendah , dan 250 anggota secara tidak langsung terpilih dan diangkat Rajya Sabha ("Dewan Negara") , dengan majelis tinggi . Parlemen menikmati supremasi parlemen .
Semua anggota Dewan Menteri serta Perdana Menteri adalah anggota Parlemen. Jika mereka tidak, mereka harus dipilih dalam jangka waktu enam bulan dari waktu mereka menganggap masing-masing kantor. Perdana Menteri dan Dewan Menteri yang bertanggung jawab untuk Lok Sabha, baik secara individu maupun kolektif.
Tanggung jawab individu
Setiap individu menteri bertanggung jawab tertentu pelayanan atau pelayanan (atau portofolio lainnya yang spesifik). Dia bertanggung jawab untuk setiap tindakan kegagalan dalam semua kebijakan yang berkaitan dengan departemennya. Dalam kasus penyimpangan apapun, dia secara individual bertanggung jawab kepada Parlemen . Jika mosi tidak percaya terhadap dilewatkan menteri individu, ia harus mengundurkan diri. Tanggung jawab individu dapat jumlah tanggung jawab kolektif. Oleh karena itu, Perdana Menteri, dalam rangka untuk menyelamatkan pemerintahannya, dapat meminta pengunduran diri seperti seorang menteri dan orang-orang memiliki mengatakan.Tanggung jawab bersama
Para Perdana Menteri dan Dewan Menteri yang bersama-sama bertanggung jawab kepada Lok Sabha . Jika ada kegagalan kebijakan atau selang pada bagian dari pemerintah, semua anggota dewan bersama-sama bertanggung jawab. Jika mosi tidak percaya disetujui terhadap pemerintah, maka semua menteri dipimpin oleh Perdana Menteri harus mengundurkan diri.Eksekutif cabang
Cabang eksekutif pemerintah adalah bagian dari pemerintah yang memiliki kewenangan tunggal dan tanggung jawab untuk administrasi sehari-hari birokrasi negara. Pembagian kekuasaan ke cabang terpisah dari pemerintah pusat untuk ide republik pemisahan kekuasaan. Pemisahan sistem kekuasaan ini dirancang untuk mendistribusikan otoritas jauh dari cabang eksekutif - upaya untuk mempertahankan kebebasan individu dalam menanggapi kepemimpinan tirani sepanjang sejarah.Presiden
Artikel utama: Presiden India
Kekuasaan eksekutif dipegang pada terutama Presiden India oleh Pasal 53 (1) konstitusi. Presiden menikmati semua konstitusional kekuasaan dan latihan mereka secara langsung atau melalui petugas bawahan kepadanya sesuai dengan Pasal tersebut di atas 53 (1). Presiden adalah untuk bertindak sesuai dengan bantuan dan saran ditenderkan oleh kepala pemerintahan ( Perdana Menteri India ) dan nya Dewan Menteri (yang kabinet ) seperti yang dijelaskan dalam Pasal 74 (Konstitusi India) . Rompi Konstitusi dalam Presiden India semua kekuasaan eksekutif Pemerintah Pusat. Presiden mengangkat Perdana Menteri orang yang paling mungkin untuk perintah dukungan dari mayoritas di Lok Sabha (biasanya pemimpin partai mayoritas atau koalisi). Presiden kemudian menunjuk anggota lain dari Dewan Menteri, penyebaran portofolio kepada mereka atas saran Perdana Menteri.
Dewan Menteri tetap berkuasa selama 'kenikmatan' dari Presiden. Dalam prakteknya, bagaimanapun, Dewan Menteri harus mempertahankan dukungan dari Lok Sabha. Jika Presiden adalah untuk memberhentikan Dewan Menteri pada inisiatif-nya sendiri, mungkin memicu krisis konstitusional. Dengan demikian, dalam prakteknya, Dewan Menteri tidak dapat diberhentikan asalkan perintah dukungan mayoritas di Lok Sabha.
Presiden bertanggung jawab untuk membuat berbagai macam janji. Ini termasuk:
- Gubernur Negara
- Hakim Ketua, hakim lain dari Mahkamah Agung dan Pengadilan Tinggi India.
- Para Jaksa Agung
- Presiden Officer
- Jenderal Pengawas Keuangan dan Auditor
- Pemilihan Kepala Komisaris dan Sekretaris Kabinet
- Ketua dan Anggota lainnya dari Uni Komisi Pelayanan Publik
- Duta Besar dan Komisaris Tinggi ke negara lain.
Wakil presiden
Artikel utama: Wakil Presiden India
Wakil-Presiden India adalah yang kedua tertinggi peringkat resmi pemerintah dalam cabang eksekutif dari Pemerintah India, setelah Presiden . Wakil Presiden juga memiliki fungsi legislatif bertindak sebagai Ketua Rajya Sabha . Wakil Presiden bertindak sebagai Presiden dalam hal kematian, pengunduran diri, atau penghapusan Presiden sampai Presiden baru dipilih oleh electoral college untuk maksimum 6 bulan. Selama periode ini, Wakil Presiden tidak akan melakukan tugas kantor Ketua Rajya Sabha.
Kabinet departemen eksekutif, dan lembaga
Artikel utama: Kabinet India
Yudisial cabang
Sistem peradilan yang independen India dimulai di bawah Inggris, dan konsep-konsep dan prosedur mirip dengan negara Anglo-Saxon . Para Mahkamah Agung India terdiri dari Ketua dan 30 hakim asosiasi, semua ditunjuk oleh Presiden atas saran dari Ketua dari India . Percobaan juri dihapuskan di India pada awal 1960-an, setelah kasus terkenal KM Nanavati v Negara bagian Maharashtra , karena alasan menjadi rentan terhadap media dan tekanan publik, serta menjadi menyesatkanTidak seperti rekan di AS, sistem peradilan India terdiri dari sebuah sistem kesatuan baik di tingkat negara bagian dan federal. Pengadilan terdiri dari Mahkamah Agung India , Pengadilan Tinggi India di tingkat negara, dan Pengadilan Distrik dan Pengadilan Sesi di tingkat kabupaten.
Peradilan nasional
Artikel utama: Mahkamah Agung India
Para Mahkamah Agung India telah yurisdiksi asli , yurisdiksi banding dan yurisdiksi penasehat. Yurisdiksi eksklusif aslinya meluas menjadi sengketa antara Pemerintah India dan satu atau lebih negara, atau antara Pemerintah India dan negara bagian atau negara di satu sisi dan satu atau lebih negara di sisi lain, atau antara dua atau lebih negara, jika dan sejauh sengketa melibatkan setiap pertanyaan (apakah hukum atau fakta) di mana keberadaan atau luas hak hukum tergantung. Selain itu, Pasal 32 dari Konstitusi India memberikan kewenangan yang luas asli ke Mahkamah Agung dalam hal penegakan Hak-hak Dasar. Hal ini diberdayakan untuk mengeluarkan petunjuk, perintah atau surat perintah, termasuk surat perintah dalam sifat habeas corpus, mandamus, larangan, quo warranto dan certiorari untuk menegakkan mereka. Mahkamah Agung telah diberikan dengan kekuatan untuk transfer langsung dari setiap kasus perdata atau pidana dari satu Pengadilan Tinggi Negara yang lain Pengadilan Tinggi Negara, atau dari pengadilan bawahan ke Pengadilan Tinggi Negara.
Kepentingan Litigasi Umum (PIL): Meskipun proses di Mahkamah Agung timbul dari penilaian atau perintah yang dibuat oleh Pengadilan Bawahan, akhir-akhir Mahkamah Agung telah memulai hal-hal menghibur di mana kepentingan masyarakat luas yang terlibat, dan Pengadilan mungkin akan dipindahkan oleh individu atau sekelompok orang baik dengan mengajukan Permohonan Writ di loket Pengajuan Pengadilan, atau dengan mengatasi surat ke Hon'ble Hakim Ketua dari India menyoroti masalah kepentingan publik untuk menerapkan yurisdiksi ini.
Layanan sipil
Artikel utama: Layanan Sipil India
Pelayanan Sipil India adalah layanan sipil dan permanen birokrasi dari Pemerintah India. Para eksekutif keputusan dilaksanakan oleh pegawai sipil India. PNS adalah karyawan dari Pemerintah India dan tidak Parlemen India . Tidak semua karyawan Pemerintah India adalah PNS. Dalam demokrasi parlementer di India, tanggung jawab utama untuk menjalankan administrasi terletak dengan wakil-wakil terpilih dari rakyat yang merupakan menteri. Menteri-menteri bertanggung jawab kepada legislatif yang juga dipilih oleh rakyat berdasarkan waralaba universal orang dewasa. Para menteri secara tidak langsung bertanggung jawab kepada rakyat sendiri. Tetapi beberapa menteri tidak dapat diharapkan untuk menangani masalah-masalah pribadi dengan manifold administrasi modern. Jadi menteri berbaring kebijakan dan itu untuk pegawai negeri sipil untuk melaksanakan kebijakan ini.
Sekretaris Kabinet
Kepala pejabat eksekutif adalah Sekretaris Kabinet setelah Presiden India . Sekretaris Kabinet berada di bawah biaya langsung dari Perdana Menteri. Kepala administrasi Sekretariat Kabinet adalah Sekretaris Kabinet yang juga Ketua ex-officio Dewan Layanan Sipil, dan dengan demikian kepala Dinas Administrasi India .
Sekretariat Kabinet bertanggungjawab atas administrasi Pemerintah India Transaksi Aturan Bisnis, 1961 dan Pemerintah Alokasi India Aturan Bisnis 1961, memfasilitasi kelancaran transaksi bisnis di Kementerian / Departemen Pemerintah dengan memastikan kepatuhan terhadap aturan-aturan ini. Sekretariat membantu dalam pengambilan keputusan di Pemerintah dengan memastikan Inter-menteri koordinasi, menyetrika keluar perbedaan antara Kementerian / Departemen dan berkembang konsensus melalui perantaraan berdiri / Komite adhoc dari Sekretaris. Melalui mekanisme ini inisiatif kebijakan baru juga dipromosikan.
Sekretariat Kabinet memastikan bahwa Presiden India, Wakil Presiden dan Menteri diinformasikan kegiatan utama dari semua Departemen dengan cara ringkasan bulanan kegiatan mereka. Pengelolaan situasi krisis besar di negara itu dan kegiatan koordinasi berbagai Departemen dalam situasi seperti ini adalah juga salah satu fungsi dari Sekretariat Kabinet.
Sekretariat Kabinet memiliki 3 sayap: Sipil, Militer dan Intelijen. Sayap Sipil adalah sayap utama dan memberikan bantuan, saran dan bantuan kepada Uni Kabinet. Sayap Militer menyediakan bantuan kesekretariatan kepada Komite Pertahanan Kabinet, Komite Urusan Militer, Dewan Pertahanan Nasional dan komite-komite lain yang berurusan dengan masalah pertahanan. Kesepakatan Sayap Intelijen dengan hal yang berkaitan kepada Komite Intelijen Gabungan Kabinet Uni. Kepala Penelitian dan Analisis Wing R & AW juga secara resmi laporan pertama kepada Sekretaris Kabinet, dan secara resmi ditetapkan Sekretaris R di Sekretariat Kabinet. Sekretaris Kabinet ini bisa dibilang paling kuat India birokrat dan tangan kanan Perdana Menteri India .
Reformasi
Korupsi
Artikel utama: Korupsi di India
Pada tahun 2009, hampir seperempat dari 543 anggota terpilih parlemen telah didakwa dengan kejahatan, termasuk pemerkosaan atau pembunuhan. Ada banyak upaya institusional seperti Hak Information Act , komputerisasi / e-Governance , pembentukan Lokayukta yang dapat Sekretaris Kabinet untuk memeriksa korupsi.
Ketidakefisienan
Saat ini, menghabiskan sebagian besar gagal untuk mencapai penerima yang dimaksudkan. Lant Pritchett panggilan sektor publik India "salah satu top dunia sepuluh masalah terbesar - dari urutan AIDS dan perubahan iklim". The Economist Artikel tentang layanan sipil India (2008) mengatakan bahwa pemerintah pusat India mempekerjakan sekitar 3 juta orang dan negara lain 7 juta, termasuk "tentara besar kertas-mengocok opas kantor". menyatakan Economist bahwa "India memiliki beberapa birokrat yang bekerja paling keras di dunia , namun administrasi memiliki rekor melampaui melayani masyarakat ".Kunjungan mendadak oleh inspektur pemerintah menunjukkan bahwa 25% dari guru sektor publik dan 40% dari masyarakat pekerja medis sektor tidak dapat ditemukan di tempat kerja. Guru tingkat ketidakhadiran berkisar dari 15% di Maharashtra menjadi 71% di Bihar . Meskipun tingkat tidak lebih buruk, guru sektor publik menikmati gaji setidaknya lima kali lebih tinggi dari guru sektor swasta. Tingkat ketidakhadiran India adalah salah satu yang terburuk di dunia.
Banyak eksperimen dengan komputerisasi telah gagal karena korupsi dan faktor lainnya. Pada tahun 2008, Tanmoy Chakrabarty mencatat bahwa "Ada kepentingan di mana-mana, politisi takut bahwa mereka akan kehilangan kontrol dengan e-pemerintah, dan ini datang dalam jalan keberhasilan pelaksanaan proyek e-government di India [...] Dari 27 proyek di bawah NEGP, hanya satu (program MCA21). telah selesai Ada kesenjangan besar antara konseptualisasi dan implementasi "..
Prioritas pengeluaran
Lihat juga: Subsidi di India
Pemerintah mensubsidi segalanya dari bensin ke makanan. Rugi-membuat perusahaan milik negara yang didukung oleh pemerintah. Petani diberikan listrik untuk bebas. Secara keseluruhan, sebuah artikel 2005 oleh International Herald Tribune menyatakan bahwa subsidi sebesar 14% dari PDB. Sebanyak 39 persen minyak tanah bersubsidi dicuri. Selain itu, subsidi ini menyebabkan ekonomi distorsi. Di sisi lain, India menghabiskan relatif sedikit pada pendidikan, kesehatan infrastruktur, atau. Investasi infrastruktur sangat dibutuhkan telah jauh lebih rendah dibandingkan di Cina. Menurut UNESCO , India memiliki pengeluaran publik terendah pada pendidikan tinggi per siswa antara negara berkembang dan dikembangkan.
Defisit
Sesuai dengan CIA World Factbook , India peringkat 23 di dunia, sehubungan dengan Utang Publik, dengan total 61,30% dari PDB, sesaat sebelum Amerika Serikat, yang menempati peringkat 24 (2008 perkiraan). [14]Keuangan
Perpajakan
Artikel utama: Perpajakan di India
Hal ini dipimpin oleh kementerian keuangan dari pemerintah India. India memiliki struktur pajak tiga-lapis, dimana konstitusi serikat memberdayakan pemerintah untuk memungut pajak penghasilan , pajak atas transaksi modal ( pajak kekayaan , pajak warisan ), pajak penjualan , pajak pelayanan, bea dan cukai tugas dan pemerintah negara bagian untuk memungut penjualan pajak atas penjualan barang intrastate, pajak hiburan dan profesi , cukai pada pembuatan alkohol , bea materai pada transfer harta dan mengumpulkan pendapatan tanah (retribusi atas tanah yang dimiliki). Para pemerintah daerah diberdayakan oleh pemerintah negara untuk memungut pajak properti dan pengguna biaya untuk utilitas publik seperti pasokan air , limbah dll Lebih dari setengah dari pendapatan pemerintah serikat dan negara berasal dari pajak, yang 3/4th berasal dari pajak langsung . Lebih dari seperempat pendapatan pajak pemerintah serikat dibagi dengan pemerintah negara bagian. Reformasi pajak, dimulai pada tahun 1991, telah berusaha untuk merasionalisasi struktur pajak dan meningkatkan kepatuhan dengan mengambil langkah-langkah dalam arah berikut:
- Mengurangi tingkat pajak pendapatan individu dan korporasi, cukai, bea cukai dan membuatnya lebih progresif
- Mengurangi pengecualian dan konsesi
- Penyederhanaan hukum dan prosedur
- Pengenalan nomor rekening permanen (PAN) untuk melacak transaksi moneter
- 21 dari 28 negara memperkenalkan pajak pertambahan nilai (PPN) pada tanggal 1 April 2005 untuk menggantikan sistem pajak penjualan yang rumit dan multiple
Antar-negara bagian di kolam pajak federal ditentukan oleh rekomendasi dari Komisi Keuangan kepada Presiden.
Jumlah penerimaan pajak Pusat dan jumlah Negara untuk sekitar 18% dari PDB nasional. Hal ini sebanding dengan angka 37-45% di OECD.
Jenderal Anggaran
Para Menteri Keuangan India menyajikan tahunan anggaran serikat di Parlemen pada akhir hari kerja bulan Februari. Anggaran harus disahkan oleh Lok Sabha sebelum dapat mulai berlaku pada tanggal 1 April, awal India tahun fiskal . Anggaran Uni didahului oleh survei ekonomi yang menguraikan arah yang luas dari anggaran dan kinerja ekonomi negara untuk tahun keuangan keluar. Survei ekonomi melibatkan semua berbagai LSM , organisasi perempuan, orang-orang bisnis, orang tua asosiasi dllPara Uni anggaran 2009 India memiliki pengeluaran total diperkirakan 2009-10 adalah 1.020.838 crore ( US $ 227.600.000.000), yang 695.689 crore ( US $ 155.100.000.000) adalah menuju Rencana Non 325.149 crore ( US $ 72500000000) untuk pengeluaran Rencana. Diperkirakan pendapatan total 619.842 crore ( US $ 138.200.000.000), termasuk penerimaan pendapatan 614.497 crore ( US $ 137 miliar) dan penerimaan modal 5.345 crore ( US $ 1,2 miliar), termasuk pinjaman. Defisit fiskal yang dihasilkan 400.996 crore ( US $ 89400000000) sementara defisit pendapatan adalah 282.735 crore ( US $ 63 miliar). Penerimaan pajak kotor yang dianggarkan sebesar 641.079 crore ( US $ 143.000.000.000) dan penerimaan bukan pajak penerimaan di 140.279 crore ( US $ 31300000000).
Non-pembangunan India pengeluaran pendapatan telah meningkat hampir lima kali lipat dalam 2003-04 1990-91 dan sejak lebih dari sepuluh kali lipat sejak 1985-1986. Pembayaran bunga item terbesar dari pengeluaran dan menyumbang lebih dari 40% dari keseluruhan pengeluaran pembangunan dalam anggaran non 2003-04. Pertahanan pengeluaran meningkat empat kali lipat selama periode yang sama dan telah meningkat karena keinginan India untuk proyek kekuatan militer yang luar Asia Selatan. Pada tahun 2007, belanja pertahanan India mencapai US $ 26500000000.
Konstitusi India
Dari Wikipedia, ensiklopedia bebas
Konstitusi disahkan oleh Majelis Konstituante pada 26 November 1949, dan mulai berlaku pada tanggal 26 Januari 1950. (26 Januari dipilih untuk memperingati deklarasi kemerdekaan tahun 1929.) Hal demikianlah firman Uni India menjadi berdaulat , sosialis, sekuler, republik demokratis , menjamin warganya dari keadilan , kesetaraan , dan kebebasan , dan usaha untuk mempromosikan persaudaraan di antara mereka. Kata-kata "sosialis", "sekuler", dan "integritas" yang ditambahkan ke definisi pada tahun 1976 oleh amandemen konstitusi. India merayakan adopsi dari konstitusi pada tanggal 26 Januari setiap tahun sebagai Hari Republik . Setelah masuk ke efek, Konstitusi menggantikan Undang-Undang Pemerintah India 1935 sebagai dokumen dasar negara yang mengatur.
Pemerintah India Undang-Undang 1935
Artikel utama: Pemerintah India Undang-Undang 1935
Ketentuan-ketentuan dalam Undang-Undang Pemerintah India 1935, meskipun tidak pernah diimplementasikan secara penuh, memiliki dampak yang besar pada Konstitusi India. Banyak fitur kunci konstitusi secara langsung diambil dari Undang-undang ini: struktur pemerintahan federal, otonomi provinsi, legislatif bikameral pusat terdiri dari perakitan Federal dan Dewan Negara , dan pemisahan kekuasaan legislatif antara pusat dan provinsi, yang beberapa ketentuan Undang-undang yang hadir dalam Konstitusi India. Rencana Misi Kabinet
Artikel utama: 1946 Kabinet Misi ke India
Pada tahun 1946, Perdana Menteri Clement Attlee merumuskan misi kabinet ke India untuk membahas dan menyelesaikan rencana untuk transfer kekuasaan dari British Raj untuk kepemimpinan India serta memberikan kemerdekaan India dengan bawah Dominion status dalam Commonwealth of Nations . [5] [6] Misi membahas kerangka konstitusi dan meletakkan secara rinci prosedur yang harus diikuti oleh tubuh penyusunan konstitusi .. Pemilihan untuk 296 kursi yang ditugaskan di provinsi India Inggris diselesaikan pada bulan Agustus 1946. Para Majelis Konstituante India pertama kali bertemu dan mulai bekerja pada tanggal 9 Desember 1946. Kemerdekaan India Act 1947
Artikel utama: India Undang-Undang Kemerdekaan 1947
Undang-Undang Kemerdekaan India, disahkan oleh Parlemen Inggris pada 18 Juli 1947, dibagi Inggris India menjadi dua negara merdeka yang baru, India dan Pakistan, yang menjadi wilayah kekuasaan di bawah Commonwealth of Nations sampai mereka selesai dan setiap penyusunan memberlakukan sebuah konstitusi baru. Majelis Konstituante dibagi menjadi dua untuk negara terpisah, dengan masing-masing Majelis baru memiliki kekuatan yang berdaulat untuk ditransfer ke dominasi masing-masing. UU ini juga diakhiri kedaulatan Inggris atas negara-negara pangeran , masing-masing yang diharapkan untuk menyetujui satu atau lain dari wilayah kekuasaan baru (ketimbang terus sebagai negara merdeka di kanan mereka sendiri). Ketika Konstitusi India mulai berlaku pada tanggal 26 Januari 1950, mencabut Undang-Undang Kemerdekaan India. India tidak lagi menjadi kekuasaan Kerajaan Inggris dan menjadi sebuah republik demokratis yang berdaulat. 26 November 1949 juga dikenal sebagai Hari Hukum Nasional.
[ sunting ] Majelis Konstituante
Artikel utama: Majelis Konstituante dari India
Konstitusi ini dirancang oleh Majelis Konstituante , yang dipilih oleh anggota terpilih dari majelis propinsi. [7] Jawaharlal Nehru , C. Rajagopalachari , Rajendra Prasad , Sardar Patel Vallabhbhai , Sandipkumar Patel , Dr Ambedkar , Maulana Abul Kalam Azad , Shyama Prasad Mukherjee , Nalini Ranjan Ghosh , dan Balwant Singh Mehta beberapa tokoh penting di Majelis. Ada lebih dari 30 anggota kelas dijadwalkan . Frank Anthony mewakili komunitas Anglo-India, dan Parsi diwakili oleh HP Modi. Ketua Komite Minoritas adalah Harendra Coomar Mookerjee , seorang Kristen terkemuka yang mewakili semua orang Kristen selain Anglo-Indian. Ari Bahadur Gururng mewakili Komunitas Gorkha. Ahli hukum terkemuka seperti Alladi Krishnaswamy Iyer , BR Ambedkar , Rau Narsing Benegal dan KM Munshi , Ganesha Mavlankar juga anggota Majelis. Sarojini Naidu , Hansa Mehta, Durgabai Deshmukh , Rajkumari Amrit Kaur dan Vijayalakshmi Pandit yang penting anggota perempuan. Presiden pertama Majelis Konstituante adalah Dr Sachidanand Sinha . Kemudian, Rajendra Prasad terpilih sebagai presiden Majelis Konstituante. [7] Para anggota Majelis Konstituante bertemu untuk pertama kalinya pada 9 Desember 1946. [7] Drafting
Dalam pertemuan 14 Agustus 1947 Majelis, sebuah proposal untuk membentuk berbagai komite disajikan. Komite tersebut termasuk Komite Hak-hak Dasar, Uni Powers Komite dan Komite Konstitusi Uni. Pada tanggal 29 Agustus 1947, Komite Drafting ditunjuk, dengan Dr Ambedkar sebagai Ketua bersama dengan enam anggota lainnya. Sebuah Draft Konstitusi disiapkan oleh panitia dan diserahkan kepada Majelis pada tanggal 4 November 1947.Para arsitek konstitusi India, meskipun menggambar pada sumber-sumber eksternal banyak, yang paling sangat dipengaruhi oleh model Inggris demokrasi parlementer . Selain itu, sejumlah prinsip yang diadopsi dari Konstitusi Amerika Serikat , termasuk pemisahan kekuasaan antara cabang-cabang utama dari pemerintah, pembentukan pengadilan tertinggi, dan adopsi, meskipun dalam bentuk dimodifikasi, dari pemerintah federal struktur (sebuah divisi konstitusional kekuasaan antara pemerintah (pusat) dan pemerintah negara bagian Uni)
Majelis bertemu di sesi terbuka untuk umum, untuk 166 hari, tersebar di periode 2 tahun, 11 bulan dan 18 hari sebelum mengadopsi konstitusi. [4] Setelah banyak pertimbangan dan beberapa modifikasi, dengan 308 anggota Majelis menandatangani dua salinan dokumen (masing-masing dalam bahasa Hindi dan Inggris) pada tanggal 24 Januari 1950. Konstitusi asli dari India ditulis tangan dengan kaligrafi yang indah, dan memperindah setiap halaman dihiasi oleh seniman-seniman dari Santiniketan termasuk Beohar Rammanohar Sinha dan lain-lain. Dua hari kemudian, pada tanggal 26 Januari 1950, Konstitusi India menjadi hukum dari semua negara dan wilayah India .
Konstitusi telah mengalami banyak perubahan sejak tanggal ditetapkan. [8]
Struktur
Konstitusi, dalam bentuk yang sekarang (Maret 2011), terdiri dari pembukaan, 22 bagian yang berisi 450 [Catatan 1] artikel, 12 jadwal, 2 lampiran [9] dan 94 amandemen to date. [8] Meskipun pemerintah federal di alam juga memiliki bias kesatuan yang kuat.Bagian
Anggaran individu Konstitusi dikelompokkan bersama-sama ke Bagian berikut:
|
|
[ sunting ] Jadwal
Jadwal adalah daftar dalam Konstitusi yang mengkategorikan dan tabulasi aktivitas birokrasi dan kebijakan Pemerintah.- Jadwal Pertama (Pasal 1 dan 4) - Ini daftar negara bagian dan wilayah India, daftar setiap perubahan perbatasan mereka dan hukum digunakan untuk membuat perubahan itu.
- Jadwal Kedua (Pasal 59, 65, 75, 97, 125, 148, 158, 164, 186 dan 221) - - Ini daftar gaji pejabat memegang jabatan publik, hakim, dan Pengawas Keuangan dan Auditor-Jenderal India .
- Jadwal Ketiga (Pasal 75, 99, 124, 148, 164, 188 dan 219)-Bentuk Sumpah - ini berisi sumpah kantor untuk pejabat terpilih dan hakim.
- Keempat Jadwal (Pasal 4 dan 80) - ini rincian alokasi kursi di Rajya Sabha (majelis tinggi Parlemen) per Negara Bagian atau Wilayah Union.
- Kelima Jadwal (Pasal 244) - ini menyediakan untuk administrasi dan kontrol Daerah Dijadwalkan [Catatan 2] dan Suku Terjadwal [Catatan 3] (daerah dan suku yang membutuhkan perlindungan khusus karena kondisi menguntungkan).
- Jadwal Keenam (Pasal 244 dan 275) - Ketentuan untuk administrasi wilayah kesukuan di Assam, Meghalaya, Tripura, dan Mizoram.
- Ketujuh Jadwal (Pasal 246)-serikat (pemerintah pusat), negara, dan daftar bersamaan tanggung jawab.
- Kedelapan Jadwal (Pasal 344 dan 351)-Bahasa-bahasa resmi.
- Kesembilan Jadwal (Pasal 31-B) - Artikel yang disebutkan di sini kebal dari judicial review.
- Kesepuluh Jadwal (Pasal 102 dan 191) - "Anti-pembelotan" ketentuan untuk Anggota Parlemen dan Anggota Legislatif Negara.
- Jadwal Kesebelas (Pasal 243-G) - Panchayat Raj (pemerintah daerah pedesaan).
- Keduabelas Jadwal (Pasal 243-W)-Kota (pemerintah daerah perkotaan).
Sistem pemerintahan
" | Seorang eksekutif yang demokratis harus memenuhi tiga kondisi: 1. Ini harus menjadi eksekutif stabil, dan 2. Ini harus menjadi eksekutif yang bertanggung jawab. Sayangnya, belum mungkin sehingga jauh untuk memikirkan sistem yang dapat memastikan baik kondisi dalam derajat yang sama. ..... Penilaian harian tanggung jawab, yang tidak tersedia dalam sistem Amerika, dirasakan, jauh lebih efektif daripada penilaian periodik dan jauh lebih diperlukan di negara seperti India. Draft Konstitusi dalam merekomendasikan sistem parlementer Eksekutif memiliki tanggung jawab yang lebih disukai untuk stabilitas. [18] | " |
[ sunting ] Struktur federal
Konstitusi memberikan pembagian kekuasaan antara Uni dan Amerika. Ini merinci kekuasaan dari Parlemen dan Legislatif Negara dalam tiga daftar, yaitu Uni daftar, daftar dan daftar Negara serentak. Mata pelajaran seperti pertahanan nasional, kebijakan luar negeri, penerbitan mata uang yang disediakan untuk daftar Uni. Ketertiban umum, pemerintah daerah, pajak tertentu adalah contoh dari mata pelajaran dari Daftar Negara, di mana Parlemen tidak memiliki kekuasaan untuk membuat undang-undang dalam hal tersebut, pembatasan kondisi luar biasa. Pendidikan, transportasi, hukum pidana adalah beberapa subyek dari daftar serentak, di mana kedua Legislatif Negara serta Parlemen memiliki kekuasaan untuk membuat undang-undang. Kekuatan yg ketinggalan vested dengan Uni.Rumah atas Parlemen, Rajya Sabha , yang terdiri dari perwakilan Negara, juga merupakan contoh dari sifat federal pemerintah.
[ sunting ] Demokrasi Parlementer
Para Presiden India dipilih oleh Parlemen dan Sidang Legislatif Negara, dan tidak langsung oleh rakyat. Presiden adalah kepala negara , dan semua bisnis Eksekutif dan Hukum disahkan oleh Parlemen di / namanya. Namun, kekuatan ini hanya nominal, dan Presiden harus bertindak hanya menurut nasihat dari Perdana Menteri dan Dewan Menteri .Perdana Menteri dan Dewan Menteri latihan kantor mereka hanya selama mereka menikmati dukungan mayoritas di Lok Sabha , majelis rendah Parlemen, yang terdiri dari anggota yang dipilih langsung oleh rakyat. Para menteri bertanggung jawab kepada kedua rumah dari Parlemen. Juga, para Menteri harus dipilih sendiri anggota dari salah satu rumah Parlemen. Dengan demikian, Parlemen latihan kontrol atas Eksekutif.
Sebuah struktur yang mirip hadir di Amerika, di mana yang dipilih secara langsung Majelis Legislatif menikmati kontrol atas Ketua Menteri dan Dewan Menteri Negara.
[ sunting ] Independen Kehakiman
Para Peradilan India bebas dari kontrol baik dari eksekutif atau DPR. Pengadilan bertindak sebagai penafsir konstitusi, dan sebagai perantara dalam kasus sengketa antara dua negara, atau antara Negara dan Uni. Sebuah tindakan yang disahkan oleh Parlemen atau Dewan Perwakilan tunduk pada judicial review, dan dapat dinyatakan inkonstitusional oleh pengadilan jika merasa bahwa tindakan itu melanggar ketentuan Konstitusi.[ sunting ] Mengubah konstitusi
Artikel utama: Amandemen Konstitusi India
Amandemen Konstitusi yang dibuat oleh Parlemen, prosedur yang tercantum dalam Pasal 368. Sebuah RUU amandemen harus dilalui oleh kedua Gedung Parlemen dengan mayoritas dua pertiga dan penambahan voting.In ini, perubahan tertentu yang berkaitan dengan sifat federal Konstitusi harus diratifikasi oleh mayoritas legislatif negara bagian. Sebagai September 2010, telah ada perubahan tagihan 108 disajikan di Parlemen, dari yang 94 telah berlalu untuk menjadi Kisah Perubahan. [8] Kebanyakan dari alamat amandemen masalah ini ditangani oleh undang-undang di negara demokrasi lainnya. Namun, Konstitusi sangat spesifik dalam mengeja kekuasaan pemerintah yang banyak masalah ini harus ditangani oleh amandemen konstitusi. Akibatnya, dokumen diubah sekitar dua kali setahun.
Mahkamah Agung telah memutuskan dalam Kesavananda Bharati v. Negara Kerala kasus bahwa tidak setiap amandemen konstitusi diperbolehkan, amandemen harus menghormati " struktur dasar "konstitusi, yang adalah kekal.
Pada tahun 2000 Komisi Nasional untuk Tinjau Kerja Konstitusi (NCRWC) [19] adalah setup untuk melihat ke dalam memperbarui konstitusi.
[ sunting ] Judicial review undang-undang
Bagian ini membutuhkan ekspansi . |
1. Semua pra-konstitusional undang-undang, setelah diberlakukannya konstitusi, jika dalam konflik dengan itu dalam semua atau beberapa ketentuannya maka ketentuan-ketentuan konstitusi akan menang dan ketentuan bahwa hukum pra-konstitusi yang bertentangan ketentuan konstitusi akan tidak akan berlaku sampai amandemen konstitusi yang berkaitan dengan masalah yang sama. Dalam situasi seperti ketentuan hukum yang kembali akan mulai berlaku, jika kompatibel dengan konstitusi sebagaimana telah diubah. Ini disebut Doktrin Eclipse. [20]
2. Dengan cara yang sama, hukum dibuat setelah adopsi Konstitusi oleh Majelis Konstituante harus sesuai dengan konstitusi, jika tidak hukum dan amandemen akan dianggap batal ab-initio-.
Dalam situasi seperti itu, Mahkamah Agung atau Pengadilan Tinggi menafsirkan hukum seolah-olah mereka sesuai dengan Konstitusi. Jika penafsiran seperti ini tidak mungkin karena inkonsistensi, dan di mana pemisahan adalah mungkin, ketentuan yang tidak sesuai dengan konstitusi dianggap batal. Selain pasal 13, artikel 32, 124, 131, 219, 228 dan 246 memberikan dasar konstitusional untuk review Yudisial di India. [ kutipan diperlukan ]
wikipedia!
BalasHapus